Connect with us

EKONOMI DAN PARIWISATA

Nonton di Bioskop hingga Berenang Sambil Goyang | Wisata Lebaran 2023 Kaltim (Bag 1)

Published

on

WISATA LEBARAN
Lebaran tanpa liburan itu, kaya sayur tanpa garam; hambarrr. (Ist)

Libur Lebaran cukup panjang. Sayang kalau cuma dipakai untuk mager-mageran di rumah. Kalau butuh rekomendasi tempat liburan di Kaltim saat Idulfitri, silakan baca artikel ini.

Lebaran Idulfitri adalah momen kemenangan bagi kaum muslim. Setelah sebulan berpuasa, bagi yang menjalankan sih. Menahan emosi, haus, lapar, dan masamnya mulut karena tidak bisa sebat. Hari raya tiba sebagai hari penebusnya.

Dan namanya juga hari kemenangan, tentu bakal ada selebrasi di dalamnya. Setelah menghabiskan hari pertama, atau mungkin tambah sehari lagi. Untuk silaturahmi ke tempat keluarga, kerabat, teman, dan rumah mantan.

Kamu perlu berlibur tipis-tipis, untuk mengisi waktu libur, menghilangkan penat sebelum balik ke hari kerja. Melakukan sesuatu yang seru, atau mendatangi tempat-tempat menyenangkan. Akan lebih bagus buatmu, ketimbang ngabisin uang THR dengan main judi online di kamar.

Berikut rekomendasi destinasi libur Lebaran 2023 di Kaltim, bagian pertama, versi Kaltim Faktual.

Nonton di Bioskop

lebaran
Credit: IG Bigmallsmd

Buat yang kampung halamannya di kota. Kamu punya privilege datangin tempat hiburan, tanpa desak-desakkan di dalamnya. Bioskop.

Di Kaltim, bioskop sudah tersebar cukup banyak di mal-mal yang ada di Balikpapan, Samarinda, dan Bontang. Ada XXI, Cinema21, dan CGV. Dan di antara film yang akan tayang saat Lebaran adalah Sewu Dino (sekuel KKN di Desa Penari), Buya Hamka, Jin & Jun, dan Khanzab.

Untuk menghindari antrean tiket, kamu bisa membelinya melalui aplikasi tiket online. Praktis, datang ke bioskop tinggal print, terus masuk. Jangan bawa kue kering dari rumah ya!

Baca juga:   Disnakertrans Kaltim Bikin Posko Pengaduan THR, Jaga-Jaga Kalau Ada Pelanggaran

Berburu Diskon Lebaran

Credit: Borobudurnews

Masih untuk kaum perkotaan nih. Mal-mal tetap buka saat Lebaran. Bahkan banyak diskonannya. Sesekali enggak papa kali menyenangkan diri sendiri dengan berbelanja sepuasnya.

Enggak cuma diskonan, biasanya, mal-mal akan buat event khas Lebaran. Big Mall Samarinda misalnya, kabarnya mau bikin bazar saat Idulfitri nanti. Aih, serunya!

Berenang Massal di Pantai

Credit: IG Pantai Istana Amal

Pantai menjadi destinasi paling favorit saat Lebaran. Dan enggak cuma warga Berau saja yang punya kesempatan berlibur ke pantai. Di PPU ada Tanjung Jumlai dan teman-temannya, Pantai Nipah, dan Pantai Amal. Di Balikpapan, ada Pantai Manggar, Lamaru, dan banyak lainnya.

Di Kukar, ada pantai di kawasan Samboja, hingga pesisir Muara Badak seperti Pangempang, Sambera, Panrita Lopi dan masih banyak lagi. Di Marangkayu juga ada loh.

Di sana, kamu bisa piknik sama keluarga, berenang, main pasir, banana boat, sampai menikmati konser musik.

Kalau boleh kasih saran, ke pantainya hari keempat atau kelima saja. Biar gak himpit-himpitan.

Terapi Ikan Sambil Piknik

Kolam ikannya gak jauh dari taman ini. (Foto: IG Nauren)

Buat kamu yang ada di Samarinda, atau di daerah yang bisa menjangkaunya dalam sehari. Berlibur ke Naureen Mini Garden akan sangat mengasyikkan. Kamu bisa terapi ikan, bentar. Terapi ikan ini, kalau cuma dibayangkan, gak seru memang. Tapi kalau kamu datang sendiri ke sana, dijamin nagih!

Baca juga:   Sejumlah Faktor Membuat Ekonomi Kaltim 2023 Diprediksi Tumbuh hingga 5 Persen

Selain main bareng berbagai jenis ikan air tawar di sana. Kamu juga bisa banyakin stok foto buat rilis kata-kata bijak di media sosial. Karena tamannya cakep banget buat foto.

Untuk keluarga besar yang mau piknik, kalian bisa sewa gazebo ataupun resort. Biar private dan intim. NMG akan buka dari Lebaran hari kedua. Harga tiketnya sama seperti hari biasa, Rp10 ribu.

Etapi tolong ya, kalau mau kasih makan ikan, beli pakannya di situ. Jangan dilempar bihun atau mandai.

Lebaran di Tepian Mahakam

Credit: Pergiyuk

Sebagai opsi liburan malam hari, selain ke mal dan nonton ke bioskop. Kamu bisa mengunjungi Mahakam Lampion Garden. Terutama buat yang punya anak, ataupun bawa keluarga yang mudik ke Samarinda.

Selain bisa menikmati aktivitas Mahakam di malam hari yang syahdu, eya. Di MLG, kamu bisa menikmati deretan lampion aneka bentuk, sampai berbagai wahana permainan seru. Soal makan dan minum, jangan khawatir, tersedia semua kok di sana.

MLG bakal buka terus, bahkan di malam Lebaran. Harga tiketnya Rp20 ribu pada momen Idulfitri tahun ini.

Main di Kolam Ombak

lebaran
Kolam ombaknya pas di sebelah kolam busa ini. (IST)

Benar, benar. Tempat bermain kolam ombak di Kaltim ini ya cuma satu. Di Pemandian Serayu Lestari, yang terletak di Tanah Merah, Samarinda.

Baca juga:   Seno Aji: Kaltim Setor Rp921 T ke Pusat, Baliknya Rp30 T, Itu Kecil Banget

Di destinasi yang luas banget ini kamu gak perlu terlalu khawatir bakal desak-desakkan. Selain ada kolam dewasa, kolam anak, dan kolam balita. Di Serayu juga tersedia kolam ombak dan kolam busa.

Kamu bisa banget seharian di sana. Karena tersedia banyak pendopo juga buat tempat kumpul keluarga.

Serayu buka dari Lebaran hari kedua. Harga tiket tidak naik, tetap Rp30 ribu per orang. Gaskeun!

Berenang Sambil Goyang

lebaran
Credit: IST

Tak jauh dari Serayu, ada Kebun Ndesa. Di destinasi ini, kamu akan disuguhi berbagai tanaman khas kebun. Dari buah sampai sayur. Kalau lagi beruntung, kamu bisa ikut panen loh.

Selain itu, kamu juga bisa berenang, sambil goyang. Eh, kok gitu? Iya, karena pengelolanya menyediakan musisi lokal selama satu minggu penuh! Aih, asyiknya.

Kebun Ndesa buka sejak Lebaran pertama. Harga tiketnya, catat baik-baik ya. Dari tanggal 22 sampai 30 April, tiket masuknya Rp25 ribu untuk dewasa, dan Rp20 ribu untuk anak-anak.

Untuk rombongan minimal 20 orang, ada harga khusus. Yaitu Rp20 ribu untuk dewasa, dan Rp15 ribu untuk anak-anak.

 Gimana? Sudah dapat gambaran mau berlibur ke mana saat Lebaran nanti? Minggu depan, Kaltim Faktual lanjutin daftar rekomendasi tempat liburannya ya. See you ges! (dra)

Penulis: Ahmad A. Arifin

Ikuti Berita lainnya di Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah Logo-Google-News-removebg-preview.png

Bagikan

advertising

POPULER

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Hello. Add your message here.